Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Cara Mudah Agar Navigasi di Google Maps Makin Akurat

Article images
  • 04-Mar-2024
Blog Images

Google Maps memantapkan dirinya sebagai aplikasi navigasi paling banyak dipakai perangkat Android, menawarkan serangkaian fitur komprehensif yang memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dalam bernavigasi.

Meskipun begitu, terkadang rasa frustrasi sesekali muncul ketika Google Maps kesulitan menentukan lokasi secara akurat.

Penyebabnya ada berbagai faktor, terutama yang melibatkan koneksi internet dan pengaturan layanan lokasi di smartphone Android.

Untungnya, terdapat beberapa cara yang dapat meningkatkan keakuratan layanan lokasi Google Maps secara signifikan. Berikut ulasannya.

Sebelum mempelajari tips agar Maps lebih akurat, penting untuk memahami bagaimana Google Maps menentukan lokasi.

Dikutip dari GizChina, Minggu (3/3/2024), aplikasi ini menggunakan beberapa gabungan teknologi. Teknologi tersebut berupa:

  • GPS TerintegrasiChipset tertanam ini secara langsung mengirimkan data lokasi berdasarkan sinyal satelit, sehingga menawarkan tingkat akurasi tertinggi di lingkungan yang terbuka.

  • Jaringan Seluler: Dalam situasi ketika penerimaan GPS lemah, seperti di dalam ruangan atau di area padat penduduk, Google Maps memanfaatkan triangulasi menara seluler untuk memperkirakan posisi kamu berdasarkan menara seluler terdekat yang terhubung dengan smartphone.

  • Wi-Fi: Jika tersedia, jaringan Wi-Fi juga dapat berkontribusi pada estimasi lokasi dengan membagikan perkiraan informasi lokasinya ke perangkat. Hal ini dapat meningkatkan keakuratan penentuan posisi berbasis jaringan seluler.


 

Cara Agar Google Maps Lebih Akurat

Setelah kamu membaca bagaimana Google Maps bekerja, berikut cara untuk mengoptimalkan keakuratan Google Maps:

  • Aktifkan Mode “High Accuracy”: Untuk navigasi optimal, nyalakan mode “High Accuracy”. Mode ini secara bersamaan menggunakan GPS, Wi-Fi, dan jaringan seluler, sehingga menghasilkan penentuan lokasi paling tepat.

  • Kalibrasikan Kompas: Navigasikan ke “Settings” di Google Maps, cari “Tips for precise location”, dan ikuti petunjuk di layar untuk melakukan proses kalibrasi. Kamu akan diminta untuk melakukan posisi simbol tak terhingga (∞) dengan smartphone kamu. Lakukan cara tersebut untuk meningkatkan akurasi arah kompas.

Selain melakukan tips di atas, kamu juga bisa melakukan teknik tambahan di bawah agar presisi Google Maps semakin akurat.

  • Bantuan Kamera Smartphone: Saat menggunakan fungsi “Live View”, yang memanfaatkan augmented reality untuk navigasi, aplikasi mungkin meminta Anda mengarahkan kamera ponsel ke sekeliling kamu. Hal ini membantu Google Maps mengenali bangunan di sekitar dan menambah keakuratan penentuan lokasi.

  • Offline Maps: Google Maps menawarkan kemampuan untuk mengunduh peta offline untuk area tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses fungsi dasar peta bahkan tanpa koneksi internet.

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com