Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

YouTube Uji Coba Opsi 1080p Premium, Kualitas Video Jadi Lebih Tinggi

Article images
  • 06-Mar-2023
Blog Images

Platform streaming milik Google, YouTube, dilaporkan sedang melakukan uji coba untuk tier atau tingkatan baru dari kualitas video resolusi 1080p mereka, yang disebut dengan nama "1080p Premium."

Kabar ini bermula dari segelintir pengguna YouTube Premium, yang melaporkan di forum Reddit, mereka melihat opsi baru bernama "1080p Premium" di menu pengaturan kualitas video.

Mengutip The Verge, Sabtu (25/2/2023), Juru Bicara YouTube Paul Pennington mengonfirmasi bahwa mereka memang menguji coba kualitas 1080p yang lebih baik pada beberapa sekelompok kecil pengguna Premium.

Meski begitu, bukan berarti pengguna harus berlangganan YouTube Premium jika ingin menikmati video dengan kualitas 1080p.

"1080p Premium adalah versi bitrate 1080p yang ditingkatkan yang memberikan lebih banyak informasi per piksel yang menghasilkan pengalaman menonton berkualitas lebih tinggi," kata Pennington.

Pennington juga menyebut, hingga saat ini, "tidak ada perubahan pada penawaran kualitas yang ada untuk resolusi 1080p (HD) di YouTube."

Sebagai penjelasan, 1080p menjelaskan resolusi video, atau jumlah piksel yang membentuk gambar. Namun, ada lebih banyak faktor yang menentukan kualitas video secara menyeluruh.

Bitrate dan kedalaman warna, juga menjadi faktor penting. Bahkan, ini bisa membuat video 1080p yang baik, terlihat lebih bagus ketimbang video 4K yang buruk.

Bitrate sendiri sering digunakan untuk menggambarkan berapa banyak data yang dipakai untuk mentransfer setiap detik video.

Beda 1080p Premium dan 1080p Biasa

Contoh, Blu-ray 1080p dapat memberikan penonton maksimum 40 Mbps, dan memberikan gambar cukup jernih. Sementara, bitrate 1080p standar YouTube berkisar antara 8 dan 10 Mbps.

Itu juga tergantung pada codec apa video dikompresi. Beberapa lebih efisien daripada yang lain dan dapat memberikan hasil yang lebih baik dengan lebih sedikit data, seringkali dengan biaya di tempat lain — ini bisa sangat rumit.

Namun, perlu dicatat YouTube biasanya menggunakan variable bitrate encoding, artinya jumlah data yang digunakannya akan sedikit berfluktuasi bergantung pada apa yang ditampilkan di layar.

Seorang pengguna Reddit mengunggah tangkapan layar alat "Stats for Nerds" YouTube, yang menunjukkan bahwa opsi 1080p Premium, berjalan di sekitar 13 Mbps, dibandingkan 8 Mbps dalam mode standar untuk video yang sama.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com