Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Rilis GPU Diskret, Intel Siap Bersaing dengan AMD dan NVIDIA

Article images
  • 30-May-2022
Blog Images

Intel telah mengumumkan kehadiran GPU diskret atau discrete graphics besutannya lewat rangkaian Intel Arc seri A. Kehadiran Intel Arc sendiri sudah diumumkan sejak awal tahun ini.

Ketika itu, Intel Arc disebut akan hadir di lebih dari 50 desain perangkat mobile dan desktop. Beberapa di antaranya adalah Acer, Asus, Clevo, Dell, Gigabyte, Haier, HP, Lenovo, Samsung, MSI, dan NEC.

Keputusan Intel untuk menghadirkan Intel Arc kerap disebut sebagai upaya perusahaan tersebut untuk bersaing melawan dominasi AMD dan NVIDIA yang memang dikenal sebagai pembesut GPU diskret kenamaan.

Mengenai hal ini, Director of Consumer Sales Asia Pacific Intel, Cekiel Danielson menuturkan pihaknya memang masih kalah dibandingkan dua kompetitornya tersebut dalam hal GPU diskret. Kendati demikian, Intel pada dasarnya sudah memiliki basis yang kuat dalam hal GPU yang terintegrasi.

Oleh sebab itu, dengan kekuatan basis yang dimilikinya, Intel kini mulai merambah GPU diskret. Cekiel pun menuturkan, pihaknya cukup percaya diri bersaing dengan kompetitor di bidang GPU diskret.

"Ini merupakan tahun pertama kali terjun di GPU diskret, dan kami memiliki roadmap yang kuat selama tiga generasi ke depan. Kami berharap bisa berkompetisi dengan AMD dan NVIDIA seiring berjalannya waktu," tuturnya saat ditemui usai peluncuran 12th Gen Intel Core di Indonesia.

Mengingat ini masih tahun pertama Intel, ia menuturkan, kebanyakan produk GPU diskret memang masih menyasar segmen menengah ke bawah. Intel belum akan berkompetisi di segmen gaming di kelas atas, meski rencananya ada produk yang ditujukan untuk kebutuhan pasar gaming.

"Namun, kami akan semakin kuat untuk bisa bersaing dengan pemain yang lebih kuat seiring dengan generasi terbaru dari Intel Arc," tuturnya melanjutkan. Terlebih menurutnya, industri sudah menginginkan adanya kompetisi yang lebih ramai di kategori GPU diskret.

Untuk itu, ketika Intel mengatakan akan merilis GPU diskret, banyak rekanan yang menyambut baik rencana tersebut. Ia juga menuturkan, rencana ini merupakan bagian dari rencana strategis perusahaan.

Intel Arc Janjikan Performa Main Gim Mumpuni

Saat diperkenalkan, kemampuan grafis Intel Arc diklaim menjanjikan fitur mutakhir di industri ini, seperti hardware-accelerated Ray Tracing, teknologi upscalling berbasis AI Xe Super Sampling, dan teknologi Intel Deep Link.

Selain itu, Intel juga mengumumkan momentum kemitraan ISV dengan teknologi upscalling XeSS yang saat ini sedang diintegrasikan dalam banyak judul game, termasuk ke Death Stranding Director's Cut dari Kojima Production.

"Kami senang melihat bagaimana teknologi XeSS baru dari Intel akan meningkatkan pengalaman pemain saat memainkan Death Stranding Director's Cut," tutur President 505 Games, Neil Rally.

Adopsi XeSS juga terus dikembangkan oleh sejumlah studio game. Selain 505 Games, ada pula Codemasters, EXOR Studios, Fishlabs, Hasbane, IOI, Illfonic, Kojima Production, Massive Work Studios, PUBG Studios, Techland, Ubisoft, dan Wonder People yangg mendukung teknologi ini.

Sementara teknologi Intel Deep Link dapat mengakselerasi serangkaian workload utama saat dipadukan dengan prosesor Intel Core yang kompatibel. Salah satu yang akan mendukung Deep Link Hyper Encode adalah DaVinci Resolve by Blackmaqic Design.

Kehadiran GPU Arc menandakan momen paling bersejarah bagi Intel, perusahaan yang notabene terkenal di bidang prosesor laptop dan PC. Terlebih, ini merupakan pertama kalinya perusahaan terjun langsung ke dunia kartu grafis.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com