Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Rilis, Ini Deretan Peningkatannya Dibanding Gen 1

Article images
  • 18-Nov-2022
Blog Images

Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset teranyar mereka, yakni Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit 2022, Maui, Hawaii, AS. Chipset ini dengan membawa berbagai peningkatan.

Rencananya, chipset baru milik Qualcomm ini akan mulai terpasang di deretan HP Android flagship yang dirilis pada tahun depan.

Nah, tampil sebagai chipset premium, Qualcomm sendiri menjanjikan sejumlah peningkatan dan fitur baru ke dalam Snapdragon 8 Gen 2.

Ketimbang Snapdragn 8 Gen 1, chipset terbaru milik Qualcomm ini diklaim lebih bertenaga di performa dan efisien dalam konsumsi daya baterai.

Dalam pengenalan chipset barunya ini, Qualcomm meng-highlight sejumlah peningkatan dan fitur baru yang akan hadir di sejumlah ponsel premium tahun depan.

Salah satu teknologi yang mengalami peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 adalah kemampuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di ponsel.

Lewat Snapdragon Smart, Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Hexagon mampu meningkatkan performa dan konsumsi daya lebih rendah dari AI engine di chipset sebelumnya.

"Performa kali ini meningkat hingga 4,35x lebih tinggi, tetapi daya yang dikonsumsi lebih rendah," kata Vinesh Sukumar, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies.

Di sektor fotografi, Snapdragon 8 Gen 2 sudah dipastikan sudah mendukung sensor kamera 200MP dan mampu merekam video 8K HDR hingga 30fps.

Bagi pengguna ponsel yang suka mengambil video, ponsel dengan chipset baru Qualcomm ini sudah mendukung codec AV1 yang menawarkan kualitas video lebih tinggi.

Adapun codec AV1 ini mampu mengompres ukuran file video 30 persen lebih kecil ketimbang dengan codec H.265.

Peningkatan Lain

Perusahaan juga menyertakan teknologi Cognitive ISP pertama di dunia, dimana chipset baru ini dapat secara otomatis menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi semantik.

Dengan neural network AI terbaru ini, kamera ponsel mampu mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit, dan lainnya.

Untuk urasan main gim di perangkat mobile, Qualcomm meningkatkan teknologi Snapdragon Elite Gaming dengan teknologi ray tracing.

Didukung dengan hardware mumpuni, ponsel yang dilengkapi Snapdragon Elite Gaming ini mampu menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi lebih nyata saat bermain gim mobile.

Berdampingan dengan GPU Qualcomm Adreno yang sudah ditingkatkan hingga 25 persen, dan CPU Qualcomm Kryo ini memungkinkan baterai ponsel lebih efisien hingga 40 persen.

"Kini ponsel dengan Snapdragon Elite Gaming baru ini tak hanya mampu menampilkan grafis lebih detail, tetapi juga daya baterai lebih lama," katanya.

Gamer dapat melihat karakter di dalam gim lebih nyata dengan dukungan optimal seluler pertama di dunia untuk Unreal Engine 5 Metahumans Framework pada Snapdragon.

Hadir di Akhir 2022

Qualcomm juga melakukan peningkatan dalam hal lainnya, seperti Snapdragon Connect mencakup konektivitas prosesor AI 5G pertama di dunia dalam perangkat mobile.

Snapdragon 8 Gen 2 ini juga menjadi satu-satunya SoC Wi-Fi 7 komersial dengan High Band Simultaneous Multi-Link.

Perusahaan juga memperkenalkan teknologi Snapdragon Sound, yang kini mendukung audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala dinamis untuk pengalaman gaming dan multimedia yang imersif.

Rencananya Snapdragon 8 Gen 2 akan meluncur secara komersil di ponsel flagship pada akhir tahun 2022.

Adapun vendor yang akan menggunakan chipset baru Qualcomm ini, antara lain Asus ROG, Honor, iQoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Redmagic, Redmi, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, Xingji/Meizu, dan ZTE.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com