Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

4 Cara Backup Data Digital dengan Mudah dan Aman

Article images
  • 06-Oct-2022
Blog Images

1. Harddisk

Cara pertama dan paling mudah adalah penggunaan hardisk. Pengguna bisa membeli hardisk yang tersedia di pasaran dengan kapasitas beragam.

Umumnya, semakin besar kapasitas penyimpanan dan kecepatan hardisk akan semakin tinggi harganya. Pengguna seringkali membutuhkan hardisk dengan kapasitas besar untuk menyalin data di dalam PC atau laptop.

2. Windows Backup dan Time Machine

Selain itu, hadir juga perangkat lunak yang berfungsi sebagai tempat mencadangkan data. Cara ini lebih mudah karena pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah, maka data akan secara otomatis dicadangkan.

Windows menghadirkan Windows backup untuk mencadangkan data personal penggunanya ke dalam akun Microsoft. Namun, perangkat lunak ini tidak bisa memulihkan data yang tersimpan jika terjadi kerusakan pada hard drive.

Ini berbeda dengan apa yang disediakan Time Machine, perangkat lunak dari Mac. Apple memberikan instruksi bagaimana pengguna dapat mengatur Time Machine untuk melakukan pencadangan data tiap harinya ke hard drive eksternal.

3. Cloud

Cara backup digital kedua adalah menggunakan layanan backup data dan menyimpannya di perangkat lain atau biasa disebut "Cloud". Pencadangan data ini bisa menjadi solusi untuk menghindari kehilangan data yang disebabkan kerusakan fisik gadget.

Hal ini tidak seperti penggunaan DropboxGoogle Drive, atau Sync.com. Ketiganya lebih cocok untuk mensinkronisasikan data dalam satu perangkat.

Jadi, ketika pengguna mengubah sebuah dokumen dalam komputer, dokumen yang berada di Dropbox juga akan ikut berubah. Ini yang menjadi penyebab ketika satu dokumen rusak di dalam perangkat, maka dokumen yang ada di tempat tersebut juga ikut rusak karena sinkronisasi.

Melalui layanan pencadangan data ini, pengguna dapat langsung melakukan sign-up, mengunduh aplikasi dari layanan dan data akan segera dicadangkan. Layanan-layanan pencadangan data yang biasa digunakan adalah Backblaze dan iDrive.

4. Software

Cara lain untuk mencadangkan data ke cloud adalah menggunakan aplikasi dengan kemampuan menghubungkan pengguna ke beberapa layanan penyimpanan online.

Hanya dengan memanfaatkan satu aplikasi, metode ini memudahkan pemilik data digital untuk mencadangkan data ke beberapa layanan online. Untuk metode ini, aplikasi yang bisa digunakan adalah Duplicati.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com