Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

5 Tips Percepat Jaringan Wifi Rumah

Article images
  • 10-Oct-2022
Blog Images

1. Posisikan Router di Tempat yang Tepat 

Posisi yang tepat untuk menaruh router adalah di tempat yang terbuka, bebas dari dinding dan pintu yang menghalang. Hal itu karena router berguna sebagai alat pemancar sinyal WiFi. 

Makanya saat router ditaruh di tempat yang salah, akan berpengaruh pada kecepatan internet yang dihasilkan. Saran tempat terbaik untuk menaruh router adalah di tengah rumah, letakkan di atas meja atau rak. Perhatikan juga antenanya, arahkan antena router mengarah vertikal ke atas. Agar sinyal yang dipancarkan olehnya dapat menjangkau area lebih luas. 

2. Jauhkan dari Perangkat Elektronik 

Kebanyakan orang menaruh router WiFi di tempat yang berdekatan dengan perangkat elektronik lain, seperti TV, lemari es, dan speaker. Tahu nggak? Ternyata hal tersebut malah memperlambat jaringan internet yang dihasilkan lho. Alasannya, karena aliran listrik yang terdapat pada perangkat tersebut justru dapat menahan gelombang nirkabel yang dipancarkan router. Dampaknya kualitas koneksi internet yang dipancarkan pun berkurang.

3. Gunakan Keamanan Kata Sandi  

Membiarkan jaringan WiFi di rumah tetap terbuka, tanpa menggunakan kata sandi bisa menyebabkan perlambatan pada koneksi internet yang dihasilkan. Sebab, akan terlalu banyak pengguna yang mengakses jaringan tersebut. 

Jika memasang WiFi di rumah pribadi, usahakan untuk selalu menggunakan kata sandi, dengan hanya penghuni rumah saja yang mengetahuinya. Jika pengguna luar menggunakannya untuk streaming video, instal aplikasi yang besar, tentu dapat memberi kerugian bagi penghuni rumah. 

4. Upgrade Routernya 

Saat sudah berlangganan untuk layanan internet rumah, tapi dirasa seperti tidak mendapatkan apa yang sudah dibayar, maka mungkin router-nya lah menjadi masalah.  Apalagi buat yang sudah menggunakan layanan internet tersebut lebih dari lima tahun, maka kalian harus mengganti perangkat keras tersebut ke yang lebih baru. 

Faktanya, teknologi nirkabel dan internet telah banyak mengalami perubahan dalam dekade terakhir ini. Mulai dari kecepatan dan kualitas jaringannya berubah ke teknologi yang lebih baru. 

5. Tambahkan Perangkat Repeater 

Repeater merupakan perangkat yang bisa memperluas sinyal WiFi. Seperti yang diketahui, apabila jarak pengguna dengan letak router terlalu jauh, biasanya sinyal jaringannya akan melemah. Maka penggunaan repeater adalah solusinya. Alat repeater ini bisa dibeli di marketplace, beberapa juga dikeluarkan dari brand-brand perangkat elektronik ternama. Sebelum membeli, ada baiknya kalian cari tahu dulu mana yang memiliki kualitas terbaik.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com