Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Telkom Akan Luncurkan metaNesia, Metaverse Indonesia yang Tawarkan Pengalaman Dunia Nyata di Dunia Maya

Article images
  • 29-Jul-2022
Blog Images

Telkom Indonesia melalui payung Leap-Telkom Digital mengumumkan akan segera menciptakan dunia metaverse yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Metaverse ini diberi metaNesia yang merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.

Menurut Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia, Ery Punta Hendraswara, metaNesia tidak hanya sekadar menyuguhkan interaksi dengan visual biasa, tapi juga menawarkan pengalaman yang berbeda di dalam dunianya.

"Sebelumnya, orang punya persepsi kalau metaverse harus pakai VR (virtual reality), padahal metaverse more than that," tuturnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Kamis (28/7/2022).

Ery menuturkan, biasanya interaksi metaverse memang bisa menggunakan VR, tapi dikenal juga augmented reality (AR). Bahkan, ada beberapa interaksi yang lebih sederhana, seperti menggunakan handphone atau PC layaknya bermain game.

"Tapi di situ ada bentuk interaksi-interaksi baru yang dimungkinkan dari metaverse ini," tuturnya. Selain itu, metaverse juga bisa menciptakan peluang baru, semisal bagi korporasi untuk memberikan pengalaman baru bagi perusahaan maupun konsumen.

Selama ini, perusahaan hanya bisa menjangkau konsumen secara online dan offline, tapi metaverse bisa hadir berada di antara dua hal tersebut. Maksudnya, metaverse menjadi komponen tambahan bagi korporasi untuk melayani konsumen atau mendapatkan konsumen baru yang selama ini tidak terjangkau.

Oleh sebab itu, Telkom masuk ke teknologi anyar ini untuk menciptakan dunia metaverse yang saling terhubung dan membangun ekositem di Indonesia. Karenanya, metaNesia diharapkan bisa menjadi batu loncatan bagi perekonomian virtual di Indonesia, tidak hanya perusahaan besar, tapi juga UMKM.

"Telkom dalam posisi mengajak, bahwa Telkom menjadi hub dan kita bisa bersama-sama membangun untuk metaverse-nya Indonesia. Kami terbuka untuk terhubung dengan metaverse lain yang sudah ada di Indonesia sehingga pertumbuhan metaverse di Indonesia jauh lebih cepat," tutur Ery.

Jadi Hub Metaverse

Dengan infrastruktur yang dimilikinya, Telkom yakin bisa menjadi hub metaverse yang bermanfaat bagi banyak pesaing. Untuk itu, metaNesia ini bukan pesaing, melainkan merangkul dan bersama-sama agar semua bangsa bisa saling berkolaborasi.

Salah satu konsep awal yang dibawa metaNesia adalah menyuguhkan konser virtual. Dalam konser itu, metaNesia menampilkan Pusakata dan Vidi Aldiano dan memungkinkan penonton bisa berinteraksi secara virtual layaknya di dunia nyata.

Selain itu, metaNesia juga menciptakan virtual commerce yang menyuguhkan interaksi berbeda. Dalam metaverse tersebut, metaNesia menyediakan plaza sebagai tempat orang untuk berbelanja, termasuk pelaku bisnis pun bisa berjualan di sana.

"Selain konser dan berbelanja virtual, kami juga menyentuh misalnya gim dan fotografi. Belum lagi kalau sebuah korporasi ingin menciptakan digital twins. Jadi, apa yang ada dari perusahaan di dunia nyata juga ada di metaNesia. Ini menciptakan efisiensi bagi perusahaan juga," kata Ery menjelaskan.

Rencananya, peluncuran metaNesia akan dilakukan pada 31 Juli 2022 pada perhelatan Digiland di Istora Senayan, Jakarta. Peluncuran ini akan dikemas dengan rangkaian acara, seperti eksibisi, hiburan, esports, pameran NFT dan fotografi, termasuk banyak suguhan menarik lainnya.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com