Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

8 Cara Temukan Email Tertentu dalam Hitungan Detik

Article images
  • 24-Jan-2023
Blog Images

1. Search Bar

Gunakan Search Bar di bagian atas kotak masuk untuk memasukkan kata kunci atau frasa tertentu yang terkait dengan email yang kamu cari. Ini adalah cara paling dasar dan mudah untuk menemukan email yang kamu cari.

Kamu dapat mencari berdasarkan kata kunci, subjek, pengirim, penerima, dan bahkan frasa tertentu di dalam bodi email. Misalnya, kalau kamu ingat bahwa email itu memuat kata "artikel", kamu cukup mengetik "artikel" di Search Bar dan semua email yang memuat kata itu akan muncul.

2. Search Operator

Kamu juga dapat menggunakan operator pencarian (Search Operator) tertentu untuk mempersempit hasil pencarian. Gmail memiliki serangkaian operator yang dapat kamu gunakan untuk memfilter hasil pencarian.

Misalnya, "from:namasaya@email.com" hanya akan menampilkan email yang dikirim dari alamat tertentu. Contoh lainnya, "subject:meeting" hanya akan menampilkan email dengan kata kunci "meeting" di baris subjek.

Kamu dapat menggabungkan beberapa operator sekaligus untuk lebih mempersempit hasil pencarian.

3. Rentang Waktu

Untuk menelusuri email dalam rentang tanggal tertentu, gunakan keyword "before:yyyy/mm/dd" dan "after:yyyy/mm/dd". Ini berguna jika kamu mencari email dari jangka waktu tertentu, dan kamu dapat menentukan rentang tanggal yang ingin dicari.

Misalnya, "before:2022/01/01" akan menampilkan semua email yang diterima sebelum 01/01/2022 dan "after:2022/01/01" akan menampilkan semua email yang diterima setelah 01/01/2022.

4. Lampiran

Tidak jarang email disertai dengan sejumlah lampiran. Nah, kalau kamu ingat bahwa email yang kamu cari memiliki lampiran tertentu., kamu bisa gunakan operator "has:attachment". Operator ini berguna saat kmau mencari email yang berisi lampiran, entah itu dokumen, gambar, atau video.

5. Alamat email tujuan

Untuk mencari email yang dikirim ke alamat tertentu, kamu dapat menerapkan operator "alamat@email.com". Operator ini berguna untuk mencari email yang dikirim langsung kepada alamat tertentu.

6. Alamat email asal

Sebaliknya dari tips nomor 5, kamu juga bisa menelusuri email yang dikirim dari alamat tertentu dengan memakai operator "from:alamat@email.com". Operator ini bermanfaat untuk mencari email dari pengirim tertentu atau dari domain tertentu.

7. Alamat email cc

Kamu juga dapat memakai operator "cc:alamat@email.com" untuk menelusuri email yang dikirim atau diberi cc ke alamat tertentu. 

8. Alamat email bcc

Selain itu, kamu dapat menggunakan operator "bcc:alamat@email.com" untuk mencari email yang dikirim ke atau diberi bcc ke alamat tertentu. 

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com