Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Chatbot AI Google Bard Punya Sederet Fitur Baru, Kini Hadirkan Bahasa Indonesia

Article images
  • 01-Aug-2023
Blog Images

Google meluncurkan sejumlah update buat chatbot AI mereka Bard, di mana terdapat beberapa fitur baru hingga dukungan sejumlah bahasa termasuk Indonesia.

Dalam keterangannya, Google mengungkapkan chatbot ini kini sudah mendukung lebih dari 40 bahasa Bard termasuk Arab, Mandarin, Jerman, Hindi, Spanyol, dan Indonesia. Bard juga kini dapat diakses di Brasil dan Eropa.

"Sebagai bagian dari pendekatan yang bertanggung jawab untuk AI, kami bekerja dengan sejumlah pembuat kebijakan, regulator, pakar, dalam peluncuran ini," kata Amarnag Subramanya, VP Engineering, Bard dalam temu media virtual, Kamis (13/7/2023).

Amarnag pun mengatakan, seiring dengan kemajuan Bard, Google akan menjaga prinsip-prinsip AI sebagai panduan, serta tetap akan menerima respon dari pengguna yang memakainya, termasuk menjaga aspek privasi sebagai inti dari produk ini.

Di bulan Mei sendiri, Bard dipindahkan ke PaLM 2, Large Language Model (LLM) yang jauh lebih mumpuni dan telah memungkinkan banyak peningkatan terbaru, termasuk keterampilan matematika serta kemampuan coding.

Fitur Baru Chatbot Google Bard

Berikut sederet fitur baru yang dihadirkan melalui update Google Bard:

Mendengarkan respon

Salah satu fitur yang dihadirkan dalam update ini adalah respon yang tersedia dalam bentuk audio dan bisa didengarkan oleh pengguna, di mana AI bisa mengucapkan teks respon.

Fitur baru chatbot AI Google ini bisa membantu pengguna apabila ingin mendengar pengucapan yang benar dari sebuah kata, atau menyimak suatu puisi atau naskah.

Pengguna bisa memasukkan perintah dan memilih ikon audio untuk mendengarkan jawaban Google Bard. Fitur ini pun telah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Menyesuaikan respons

Selain itu, nada dan gaya bahasa respon Bard bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Ada lima opsi yang tersedia: sederhana, panjang, pendek, profesional, atau kasual.

Sebagai contoh, pengguna bisa meminta Bard menuliskan sebuah teks untukmenjual kursi vintage di marketplace, lalu memperpendek responsnya menggunakan menu drop-down yang ada.

Fitur ini baru tersedia dalam bahasa Inggris dan akan hadir dalam bahasa lain tak lama lagi.

Menyematkan, mengelola, dan modifikasi percakapan

Google menambahkan fitur baru untuk menyematkan dan mengubah nama percakapan pengguna dengan Bard. Saat memulai percakapan, pengguna bisa melihat opsi untuk menyematkan, mengubah nama, atau membuka lagi percakapan baru di sidebar.

Misalnya, jika pernah meminta Bard memberikan beberapa ide untuk membandingkan olahraga luar ruangan untuk musim panas, tips yang telah diberikan bisa dibuka lagi saat pengguna membutuhkannya. Fitur ini pun sudah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Mengekspor kode ke lebih banyak tempat

Google menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengekspor kode Python ke Replit, selain Google Collab. Fitur ini sudah hadir dalam 40 bahasa

Membagikan respon kepada teman

Sebagian atau seluruh percakapan dengan Bard kini bisa dibagikan. Dengan link yang mudah dibagikan, pengguna bisa membagikan ide dan kreasinya kepada orang lain.

Menggunakan gambar dalam perintah

Google telah mengumumkan mereka akan menambahkan kemampuan ala Google Lens di Bard melalui acara I/O.

Pengguna pun bisa mengunggah gambar bersama perintahnya kepada Bard, kemudian chatbot AI akan menganalisis foto tersebut untuk memberikan bantuan.


 

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com