Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Marak Kebocoran, Ini 6 Tips Lindungi Data Pribadi di Tingkat Individu

Article images
  • 09-Sep-2022
Blog Images

1. Bedakan email untuk berbagai kebutuhan

Masih banyak masyarakat yang menggunakan satu alamat email untuk semua kebutuhan mulai dari layanan perbankan, transaksi, media sosial, subscription, dan lain-lain.

Menurut pakar, ini sangat berbahaya bagi data pribadi masing-masing, karena saat email tersebut diserang, semua informasi yang tertera di dalamnya rentan dicuri.

Maka dari itu, masyarakat disarankan memakai alamat email untuk tujuannya masing-masing, misalnya membedakan alamat untuk media sosial dan kebutuhan transaksi.

2. Gunakan password yang kuat dan ganti secara berkala

Gunakanlah password yang kuat. Hindari password yang gampang ditebak seperti hanya dari nama. Kombinasikan password dengan huruf besar, angka, atau tanda baca agar password tidak mudah ditebak.

Ganti password secara berkala. Ini merupakan salah satu cara paling ampun dalam menjaga data pribadi agar tidak mudah dicuri.

3. Jangan klik tautan mencurigakan dan jangan mengunduh aplikasi sembarangan

Masyarakat diminta untuk tidak sembarangan membuka tautan yang mencurigakan saat menggunakan internet, demi menghindari serangan phising yang meretas informasi seperti data akun atau data pribadi lain.

Jangan juga mengunduh aplikasi-aplikasi yang mencurigakan atau bukan dari situs terpercaya.

Cek ulang alamat website yang dikunjungi, karena seringkali, pelaku kejahatan dunia maya kerap memalsukan sebuah situs demi memancing pengguna.

4. Gunakan antivirus dan fitur pengaman aplikasi

Gunakan antivirus pada perangkat untuk melindungi perangkat dari infeksi malware.

Gunakan juga fitur-fitur pengaman pada aplikasi atau perangkat yang sudah disediakan seperti Two Factor Authentication (2FA), One Time Password (OTP), End- to-end encryption, setelan privasi, peringatan masuk akun, dan lainnya.

Selain itu, kenali dan aktifkan fitur-fitur tersebut untuk menambah keamanan saat berinternet.

5. Update aplikasi dan hapus yang tidak terpakai

Perhatikan juga aplikasi yang terpasang di perangkat. Segera lakukan pembaruan atau update apabila ada pembaruan untuk sebuah aplikasi ke versi terbaru.

Biasanya, update dilakukan juga untuk memperkuat celah keamanan dari temuan-temuan yang ada. Hapus juga aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, apalagi yang sudah tidak dijalankan oleh pengembang.

6. Jangan membagikan informasi-informasi penting di dunia digital

Jangan sembarangan membagikan informasi penting seperti KTP, foto tiket atau passport, QR code, atau informasi pribadi seperti nama ibu dan nomor pribadi saat berinternet atau menggunakan media sosial.

Menurut pakar, banyak cara yang bisa dilakukan penjahat siber dari pencurian identitas, atau informasi penting yang dimanipulasi untuk berbagai kejahatan seperti pembobolan akun dan penipuan dari identitas yang dicuri.

Apabila menemukan adanya peretasan, segera identifikasi sumbernya misalnya dari email atau aplikasi.

Kemudian segera identifikasi dan amankan data yang diretas, misalnya dengan menghubungi pihak aplikasi untuk reset password atau mengganti informasi rahasia dalam sistem autentikasi.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com