Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Android akan Arsipkan Aplikasi untuk Hemat Memori Smartphone

Article images
  • 11-Mar-2022
Blog Images

Google menemukan solusi baru untuk membebaskan atau menghemat memori di smartphone Android. Dalam blog yang diunggah 8 Maret, Google menjelaskan, pihaknya mulai mengerjakan sebuah fitur baru.

Fitur ini memungkinkan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Android untuk diarsipkan. Maksudnya?

Jadi, ketika seorang pengguna mengarsipkan sebuah aplikasi yang tak lagi sering dipakai, Android akan meng-uninstal sebagian aplikasi tersebut.

Uninstal sebagian aplikasi artinya Android tidak benar-benar menghapus aplikasi yang dimaksud dari smartphone. Google meyakinkan, aplikasi-aplikasi yang telah diarsipkan bisa membebaskan 60 persen memori yang dihabiskan untuk aplikasi tersebut.

Ambil contoh, jika kapasitas sebuah aplikasi 1GB, ketika pengguna mengarsipkannya, memori yang dihemat adalah 600MB.

Product Manager Google Lidia Gaymond dan Vicki Amin mengungkap, "Pengarsipan adalah fungsi baru yang memungkinkan pengguna mendapatkan kembali sekitar 60 persen penyimpanan dengan menghapus sementara bagian-bagian aplikasi, tanpa menghapus aplikasi sepenuhnya."

Dia menyebutkan, aplikasi yang diarsipkan akan tetap ada di Android. Pengguna bisa mudah mengembalikannya ke versi terbaru yang sudah ada di toko aplikasi.

Untuk menyimpan data yang melekat di aplikasi, Android akan membuat file APK dari aplikasi yang sudah diarsipkan. Pengguna bisa memulihkan data yang disimpan dalam aplikasi, mulai dari nama pengguna, sandi, catatan, atau foto saat mereka mengaktifkan kembali aplikasi tersebut.

Bakal Rilis Akhir 2022

Fitur arsipkan aplikasi ini terbilang cukup berguna. Pasalnya pemilik smartphone Android tak perlu menghapus aplikasi secara berkala untuk memulihkan sebagian memori perangkatnya.

Mereka juga tidak perlu lagi memperluas ruang penyimpanan eksternal di ponsel mereka menggunakan kartu MicroSD atau bahkan mengganti smartphone dengan memori lebih besar.

Pengarsipan aplikasi bakal tersedia di Android pada akhir 2022. Fitur ini ditengarai menjadi fitur baru pada update Android 13 yang versi finalnya dijadwalkan akan rilis September mendatang.

Saat ini, implementasi pengarsipan aplikasi masih dalam tahap awal. Google telah mulai membuat APK yang diarsipkan tersedia bagi semua pengembang menggunakan App Bundle, format rilis untuk Google Play.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com