Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Sora Besutan OpenAI Rilis Akhir 2024

Article images
  • 18-Mar-2024
Blog Images

OpenAI sebagai pembesut ChattGPT telah mengumumkan kehadiran model AI yang mampu mengubah perintah teks menjadi video. Model baru ini diberi nama Sora.

Kendati demikian, saat memperkenalkan Sora pada Februari 2024, OpenAI tidak mengungkap kapan model AI ini akan terbaru. Namun dari wawancara terbaru CTO OpenAI Mira Murati, jadwal kehadiran model AI ini mulai sedikit terungkap.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (15/3/2024), Mira mengungkap kehadiran Sore hanya dalam hitungan bulan. Ia menuturkan, Sore akan dirilis pada akhir 2024.

Meski masih terbilang beberapa bulan lagi, hal ini tentu dinantikan para pengguna yang ingin menjajalnya. Terlebih berdasarkan Mira, Sora memiliki biaya lebih mahal jika dibandingkan dengan model AI lain.

Walaupun demikian, OpenAi ingin membuatnya hadir dengan biaya yang tidak jauh berbeda dari DALL-E. Dijelaskan pula, video yang akan dibuat dengan Sora akan diberi watermark, dan tidak diizinkan membuat video tokoh publik.

Untuk diketahui, Sora bisa menciptakan adegan realistis dan imaginatif dari perintah teks. Model teks-ke-video memungkinkan pengguna membuat video fotorealistik berdurasi hingga satu menit.

Blog OpenAI menyebutkan, "Sora bisa menciptakan, adegan kompleks dengan banyak karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail subjek serta latar belakang yang akurat."

Tidak hanya itu, pembuat ChatGPT ini juga menyebut, model AI tersebut bisa memahami cara objek ada di dunia fisik serta menafsirkan properti secara akurat dan menghasilkan karakter yang mengekspresikan emosi.

Kemampuan Sora dari OpenAI

Model AI juga diklaim mampu menghasilkan video berdasarkan gambar-gambar diam atau still image. Sora juga dikatakan mampu mengisi frame yang hilang pada video yang ada atau memperluasnya.

Demo yang dibuat oleh Sora pun disertakan dalam unggahan blog OpenAI, mencakup pemandangan udara California. Video tersebut seolah diambil dari dalam kereta Tokyo.

Meski begitu, masih ada tanda-tanda kalau video tersebut adalah video buatan AI. Misalnya lantai bergerak secara aneh dalam video museum.

Terkait hal ini, OpenAI mengatakan, model AI mereka kemungkinan kesulitan dalam mensimulasikan tampilan fisik yang akurat pada pemandangan yang sifatnya kompleks. Meski begitu, hasilnya masih tetap mengesankan.

Perlu diketahui, beberapa tahun lalu, generator teks ke gambar seperti Midjourney berada di garis depan dalam kemampuan model untuk mengubah teks menjadi gambar.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com