Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Wi-Fi Alliance Luncurkan Sertifikasi WiFi 7, Lebih Andal Buat VR hingga Otomotif

Article images
  • 15-Jan-2024
Blog Images

Wi-Fi Alliance resmi meluncurkan sertifikasi untuk perangkat yang mendukung Wi-Fi 7, generasi terbaru dari jaringan internet tanpa kabel (wireless).

Menurut organisasi ini, WiFi 7 bakal memperkenalkan fitur-fitur baru yang canggih, yang meningkatkan kinerja Wi-Fi, dan meningkatkan konektivitas di berbagai lingkungan.

Kemampuan pada Wi-Fi Certified 7 memungkinkan inovasi yang mengandalkan throughput tinggi, latensi deterministik, dan keandalan yang lebih baik untuk lalu lintas penting.

Sebagai contoh, seperti dikutip dari laman resminya, Minggu (14/1/2024), use case seperti AR, VR, XR multi-user, pelatihan 3D imersif, game elektronik, kerja hibrida, IoT industri, dan otomotif, akan mengalami kemajuan berkait Wi-Fi generasi terbaru.

Organisasi menyebut, Wi-Fi 7 akan diadopsi dengan cepat di ekosistem yang luas, dengan lebih dari 233 juta perangkat diperkirakan bakal memasuki pasar pada tahun 2024, dan akan naik 2,1 miliar perangkat pada 2028.

"Ponsel pintar, PC, tablet, dan access points (AP) akan menjadi yang paling awal, dan customer premises equipment (CPE), serta peralatan augmented reality dan virtual reality akan terus mendapatkan daya tarik pasar awal," ujar Wi-Fi Alliance.

Mengutip CNET, Institute of Electrical and Electronic Engineers, kelompok yang bertanggung jawab untuk mengembangkan versi baru Wi-Fi, sudah mengerjakan Wi-Fi 7 selama beberapa tahun.

Wi-Fi 7 dibuat berdasarkan Wi-Fi 6E dan kompatibel dengan versi sebelumnya, sehingga akan berfungsi dengan perangkat Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 5.

Adapun, salah satu fiturnya adalah saluran 320 MHz, yang tersedia di negara-negara dengan pita 6 GHz untuk WiFi.

Selain itu, terdapat Multi-Link Operation (MLO), yang memungkinkan perangkat mengirim dan menerima data secara bersamaan, melalui beberapa tautan untuk meningkatkan throughput, mengurangi latensi, dan meningkatkan keandalan. Lalu terdapat 4K QAM, yang mencapai tingkat transmisi 20 pesen lebih tinggi dibandingkan 1024 QAM.

Kevin Robinson, presiden dan CEO, Wi-Fi Alliance mengatakan, perkenalan sertifikasi Wi-Fi 7 menandai kehadiran Wi-Fi generasi terbaru dan akan menjadi percepatan adopsi Wi-Fi 7 secara massal.

"Sertifikasi ini menggarisbawahi komitmen tiada henti kami untuk menghadirkan teknologi mutakhir yang mengubah cara pengguna merasakan Wi-Fi, memberikan kecepatan lebih tinggi, peningkatan efisiensi, dan peningkatan keandalan yang memperluas cakrawala tentang apa yang mungkin dilakukan melalui Wi-Fi."

Menurut Wi-Fi Alliance, perusahaan seperti Broadcom, CommScope, Ruckus Networks, Intel, MaxLinear, MediaTek, dan Qualcomm, jadi lokasi pengujian untuk sertifikasi dan merupakan salah satu perangkat dengan sertifikasi Wi-Fi 7 pertama.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com