Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

5 Tips Aman Saat Transaksi Digital dengan Layanan Fintech

Article images
  • 03-Jan-2023
Blog Images

1. Pahami risiko fintech yang dipakai

Sebelum memutuskan menggunakan produk dan layanan dari sebuah aplikasi atau perusahaan fintech, kenali terlebih dulu lebih jauh produk dan layanan yang ditawarkan.

Risiko jangka panjang penggunaan fintech seringkali masih luput dari perhatian masyarakat, karena terburu-buru memanfaatkan manfaat instan yang ditawarkan.

2. Jaga identitas digital

Banyak kasus kebocoran data yang malah menimbulkan masalah baru dalam bertransaksi digital.

Pengguna pun harus bijak dalam memilih layanan dan aplikasi yang tepat untuk digunakan, terutama untuk keamanan privasi, perlindungan data pribadi, serta keamanan bertransaksi.

Pilihlah fintech yang menjamin keamanan data pribadi Anda. Saat ini, banyak aplikasi fintech sudah menggunakan identifikasi digital yang terjamin aman.

3. Waspada iming-iming hadiah besar

Banyak modus penipuan dengan iming-iming hadiah hingga ratusan juta rupiah, yang membuat benteng pertahanan digital masyarakat runtuh.

Iming-iming hadiah semacam ini kerap disampaikan melalui SMS, e-mail, media sosial, atau bahkan telepon langsung dan ditawarkan hadiah, atau diinformasikan memenangkan undian tertentu.

Sebaiknya, langsung abaikan jika menerima nomor ponsel hingga alamat e-mail tidak dikenal, serta tak mencantumkan info perusahaan secara jelas dan lengkap, sebaiknya langsung abaikan.

Hindari juga menekan link yang dikirimkan, termasuk hindari memberikan informasi pribadi Anda. Jangan lupa ingatkan keluarga dan rekan terdekat mengenai tips ini.

4. Cek perusahaan fintech yang resmi

Pastikan perusahaan fintech yang layanannya ingin dipakai, sudah terdaftar dan memiliki izin secara resmi.

Masyarakat dapat mengecek terkait ini melalui laman cekfintech.id. Cukup dengan memasukkan nama fintech yang ingin dilihat, maka akan keluar informasi berupa status izin dari regulator untuk perusahaan tersebut.

5. Perkuat edukasi

Data Global Web Index di 2021 mencatat, Indonesia menduduki peringkat keempat di dunia untuk penetrasi pengguna internet. Pemerintah pun menargetkan inklusi keuangan mencapai 90 persen di 2024.

Namun, satu sisi, indeks literasi keuangan Indonesia masih tergolong rendah yaitu baru mencapai 49,68 persen.

Untuk itu, perlu adanya penguatan kompetensi masyarakat dalam literasi digital, termasuk memahami risiko fintech yang digunakan hingga cara melindungi privasi dan keamanan informasi.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com