Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Meta Mau Bikin Media Sosial Terdesentralisasi Demi Saingi Twitter

Article images
  • 13-Mar-2023
Blog Images

Meta disebut-sebut mau membuat sebuah aplikasi media sosial baru, untuk jadi penantang Twitter seperti Mastodon.

Induk Facebook dan Instagram ini kabarnya sedang memasuki tahap awal pengembangan aplikasi dengan kode P92, yang akan memungkinkan pengguna mengunggah update berbasis teks.

Selain itu, media sosial ini juga akan mendukung protokol jejaring sosial Mastodon yang disebut ActivityPub.

Dilansir Engadget, Minggu (12/3/2023), kepada media, Meta mengonfirmasi bahwa mereka sedang mencoba menggarap jejaring sosial terdesentralisasi.

"Kami sedang menjajaki jejaring sosial terdesentralisasi yang berdiri sendiri untuk berbagi pembaruan teks," kata Meta dalam keterangannya.

"Kami percaya ada peluang untuk ruang terpisah di mana kreator dan tokoh publik dapat membagikan pembaruan secara tepat waktu tentang minat mereka," imbuh mereka.

Menurut beberapa sumber, media sosial "P92" ini juga akan membawa branding Instagram, serta bakal mengizinkan pengguna untuk mendaftar dan masuk menggunakan kredensial Instagram mereka.

Jika login menggunakan Instagram, nantinya profil pengguna di jejaring sosial itu akan terisi secara otomatis, dengan detail dan profil akun Instagram.

Namun, MoneyControl melaporkan, berdasarkan ringkasan produk yang mereka lihat "berbagi data dari Instagram ke P92 akan minimal, jika tidak ada" setelah pendaftaran awal.

Mengutip Tech Crunch, laporan Platformer juga menyebut proyek media sosial terdesentralisasi Meta ini akan mendapatkan pengawasan dari bos Instagram, Adam Mosseri.

Bakal Jadi Jejaring Sosial Terdesentralisasi

Mengingat aplikasinya yang terdesentralisasi, pengguna pun bisa menyiapkan server mereka sendiri dan menetapkan aturannya sendiri, untuk moderasi konten.

Sumber MoneyControl mengatakan, aplikasi itu mungkin akan memungkinkan pengguna untuk menyiarkan unggahan mereka ke orang-orang di server lain, tapi masih harus dilihat apakah mereka juga bisa mengikuti satu sama lain.

Apabila aplikasi ini mendukung ActivityPub, seseorang mungkin akan memperkirakannya dapat dioperasikan dengan Mastodon, dan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang menggunakan protokol tersebut.

Kabarnya, sudah ada daftar fitur yang ingin dimasukkan perusahaan ke dalam aplikasi, termasuk tautan yang bisa diketuk untuk posting dengan preview, gambar dan video yang bisa dibagikan, serta badge verifikasi.

Pengguna kabarnya juga akan punya fitur untuk meninggalkan komentar dan mengirimi pesan pribadi, tapi ini mungkin tidak akan tersedia di versi awal aplikasi.

Meta juga diketahui belum yakin apakah mereka akan memberikan fitur untuk mengunggah ulang postingan, seperti yang bisa dilakukan di Twitter.

Selain itu, MoneyControl mengatakan tidak begitu jelas apakah perusahaan sudah mulai membangun aplikasi, atau masih dalam masa perencanaan pengembangan.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com