Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

8 Langkah menjaga jejak digital di internet tetap bersih

Article images
  • 11-Oct-2021
Blog Images

1. Periksa ketersedian informasi pribadi di internet

Langkah awal untuk mengetahui apakah datamu tersimpan di internet atau tidak adalah melalui proses checking browser. Masukkan namamu di kolom pencarian dan lihat apakah ada identitasmu di dalamnya. Seperti identitas di media sosial FB, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube bahkan tempat kuliah. Untuk menghapus namamu dari mesin pencarian kamu harus meminta izin kepada administrator untuk menghapus namamu.

2. Menghapus, menonaktifkan akun media sosial, dan akun belanja

Cara menghilangkan jejak digital selanjutnya yakni menonaktifkan berbagai macam situs media sosial dan akun belanja. Coba mulailah dengan menghapus beberapa media sosial dan akun belanja yang sudah jarang digunakan. Pada pengaturan akun, pilih opsi untuk menonaktifkan sementara dan hapus. Biasanya dalam proses ini membutuhkan waktu untuk menutup sepenuhnya aksesmu.

3. Menggunakan mode samaran saat browsing di internet

Bila kamu ingin agar proses penjelajahanmu di internet tidak terlacak oleh mesin pencari, kamu bisa mencoba fitur mode samaran atau dikenal dengan istilah incognitife mode. Beberapa mesin pencari sudah mendukung fitur tersebut seperti Google, Mozilla Firefox, UC Browser sampai Opera mini. Dengan menggunakan fitur ini, proses browsingmu bersifat privasi dan kamu juga bisa membuka lebih dari satu akun sekaligus.

4. Menghapus email atau membuat email samaran

Surat elektronik atau email hampir ada di seluruh pemilik telepon genggam. Bagaimana tidak, kamu tidak akan bisa mengunduh aplikasi tanpa perizinan yang diberikan dari email. Bahkan sejumlah pemberitahuan akan masuk ke email. Cara menghapus email bervariatif, tergantung jenis email yang kamu miliki. Kamu bisa mengajukan untuk menghapus akun tersebut. Tetapi prosesnya tidak akan terjadi secara langsung.

5. Berhenti berlangganan mailing list atau newsletter

Mailis atau mailing list biasanya berasal dari situs yang menyediakan informasi berlangganan bagi para pembacanya. Isinya berupa informasi update terkait situs tersebut semisal buletin, majalah mingguan atau mungkin info promo. Berhenti berlangganan dari mailis bisa mengurangi data yang tersedia terkait info pribadi. Untuk menghentikannya, kamu bisa memilih bagian unsubcribe dibagian terbawah email.

6. Menggunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) bisa kamu gunakan untuk mengakses jaringan publik tetapi masuk dengan cara privat. Menggunakan VPN keamanan datamu di web akan terjamin. Situs web tidak akan bisa melacakmu di internet. Tetapi meski terkesan aman, jangan pernah mencoba membuka akun perbankanmu melalui alamat VPN yah karena berisiko untuk dibajak.

7.  Menggunakan alat anti pelacak

Untuk menutupi jejakmu saat berselancar di dunia maya, kamu juga bisa menggunakan alat anti pelacak agar mudah menghapus jejak digital. Beberapa alat anti pelacak itu seperti Disconnect, DoNotTrackMe, dan Ghostery. Alat-alat ini bekerja untuk memblokir perangkat lunak yang diketahui memantau semua aktivitasmu. Selain beberapa alat pelacak di atas, kamu juga bisa menggunakan perangkat keras Anonabox. Alat ini akan melindungimu berselancar secara anonim, dan melindungi saat mentransfer film dan mengirimkan email. Dengan begitu privasi kamu tidak dapat terlacak internet. 

8. Memikirkan ulang setiap konten yang kamu sebarkan di internet

Langkah terakhir menghapus jejak digital yaitu dengan selalu berpikir ulang sebelum menyebarkan sesuatu di internet. Apakah konten itu perlu atau tidak. Semakin sedikit kamu aktif di  media sosial, semakin sedikit jejak digitalmu yang terlacak. Selain langkah di atas, kamu pun bisa mengatur ulang postingan lama dan membuatnya menjadi konsumsi pribadi. Buat citramu di media sosial terlihat baik dengan tidak banyak mengeluh, mengomentari suatu hal dengan kasar, dan melakukan perundungan atau bullying.

Sumber: https://www.ekrut.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com