Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Google Perkenalkan Sistem Operasi Baru KataOS

Article images
  • 27-Oct-2022
Blog Images

Google memperkenalkan sistem operasi baru mereka yang diberi nama KataOS. Tujuannya adalah untuk menyediakan sistem keamanan untuk perangkat yang disematkan.

Google menyebut, saat perangkat pintar yang mengumpulkan dan memproses informasi dari lingkungan sekitar sudah jauh lebih banyak. Menurut mereka, perangkat-perangkat ini lebih rentan terhadap masalah keamanan.

Mengutip Gizchina, Google mengatakan bahwa jika perangkat di sekitar kita tidak bisa dibuktikan secara matematis untuk menjaga keamanan data, ini bisa menimbulkan masalah.

"Data pengenal pribadi yang mereka kumpulkan--seperti gambar orang dan rekaman suara mereka--dapat diakses oleh perangkat lunak berbahaya," kata Google dalam laman resminya, dikutip Senin (24/10/2022).

KataOS memilih seL4 sebagai mikrokernel. Ini terbukti aman dan bersifat pribadi. Melalui struktur CAmkES seL4, KataOS juga mampu menyediakan komponen sistem yang terdefinisi dan dapat dianalisa.

"KataOS menyediakan platform yang sangat aman yang melindungi privasi pengguna karena secara logis tidak mungkin aplikasi melanggar perlindungan keamanan perangkat keras kernel dan komponen sistem benar-benar aman," tulis Google.

Dijelaskan lebih lanjut, KataOS diimplementasikan hampir seluruhnya di Rust. Ini adalah bahasa yang menghapus semua jenis bug seperti bug off-by-one dan butter overflows.

Google sendiri telah merilis versi awal KataOS secara terbuka atau open-sourced di GitHub.

Gandeng Antmicro

Google juga menggandeng Antmicro. Kerja sama ini akan mengaktifkan debugging dan emulasi GDB melalui Renode untuk hardware target.

Secara internal, KataOS juga mampu memuat dan menjalankan aplikasi pihak ketiga secara dinamis. Ia juga menjalankan aplikasi yang dibangun di luar struktur CAmkES.

Kode di GitHub tidak berisi modul yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Namun Google berharap dapat merilis operasi tersebut dalam waktu dekat.

Google juga membangun referensi implementasi untuk KataOS yang disebut Sparrow. Alasannya adalah untuk secara penuh menunjukkan sistem lingkungan yang aman. Ini menggunakan KataOS dengan platform perangkat keras yang aman.

Sparrow membawa root yang benar-benar aman, yang dibangun dengan OpenTitan pada arsitektur RISC-V. Ini adalah tambahan untuk kernel sistem operasi yang aman.

Namun untuk rilis awal KataOS, Google bertujuan untuk menggunakan QEMU emulation. Ini akan menggunakan emulasi tersebut untuk menjalankan sistem ARM 64-bit yang lebih standar.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com