Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Cara mengatasi wifi lemot

Article images
  • 25-May-2021
Blog Images

1. Cara mengatasi wifi lemot dengan memindahkan router ke dekat perangkat keras 

Melakukan relokasi atau pemindahan router ke posisi yang lebih dekat dengan perangkat keras bisa menanggulangi lemotnya wifi. Atau kalau tidak, cobalah bekerja di dekat area router wifi itu terpasang untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. 

2. Letakkan router di tempat yang lebih tinggi dan tidak terhalangi 

Lantaran sinyal wifi tidak cukup baik bekerja menembus bahan konstruksi, maka sebaiknya letakkan router di tempat yang tidak terhalang oleh dinding atau kayu. 

Selain itu, jangan tempelkan router di tempat yang lebih rendah karena akses sinyalnya akan terbatas. Sebaliknya, letakkanlah router di tempat yang lebih tinggi agar sinyal wifi bisa bergerak leluasa.

3. Restart router 

Melakukan restart pada router bisa menjadi salah satu cara mengatasi wifi lemot. Kamu hanya perlu mematikan router selama 1 menit lalu menyalakannya kembali. 

Di samping melakukan pengaturan ulang terhadap router, proses restart ini juga bisa kamu terapkan di perangkat keras. Lantaran beberapa permasalahan wifi lemot juga kerap berasal dari sana. 

4. Matikan aktivitas bandwidth yang besar di perangkat keras 

Untuk mengetahui aktivitas mana yang menyedot bandwidth paling besar, kamu bisa mengeceknya di laptop dengan membuka bagian task manager. Saat tampilan task manager terbuka, pilihlah bagian network

Di sana akan diketahui aktivitas online mana yang menyedot bandwidth paling banyak. Laku klik kanan dan pilih end task untuk mengakhiri aktivitas tersebut. 

5. Coba gunakan server DNS 

Saat mengetik alamat situs di browser, komputer akan menggunakan server DNS untuk mencari dan menerjemahkannya menjadi alamat IP yang ramah komputer. Tetapi seringkali server yang digunakan di komputer ini bermasalah atau mati total. 

Solusinya kamu bisa menggunakan server DNS dari Google DNS, Cloudflare atau utility Namebench untuk mengecek server mana yang lebih cepat di lokasimu. 

6. Coba gunakan web dengan koneksi yang lebih hemat

Bila kamu benar-benar harus bekerja menggunakan internet sementara browser yang kamu gunakan mesti mendukung kecepatan internet yang tinggi maka, cara mengatasinya adalah dengan memilih alternatif browser lain. 

Browser yang dimaksud adalah browser yang mendukung koneksi yang lebih hemat menyedot data. 

Beberapa contoh browser tersebut seperti Opera Mini melalui fitur Opera Turbo-nya, kemudian Chrome juga bisa bekerja lebih hemat melalui fitur lite mode. 

7. Pertimbangkan menggunakan kabel ethernet

Telah disebutkan di atas bahwa, kecanggihan salah satu perangkat akan berdampak pada lemahnya sinyal wifi. Tidak boleh ada yang mendominasi, lebih buruk, atau lebih kuno dari perangkat lainnya untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. 

Bila itu terjadi, pertimbangkan untuk menggunakan saluran langsung dari kabel ethernet ke perangkat keras kamu, karena kecepatan kabel hampir selalu lebih cepat dari sinyal wifi. 

8. Pilih saluran wifi yang tepat

Seringkali penyebab wifi lemot berasal dari saluran wifi yang tumpang tindih. Bila kamu menggunakan pita 2.4 GHz ada sekitar 11 saluran yang bisa kamu pilih. 

Akan tetapi disarankan kamu hanya memilih saluran 1, 6, 11 karena biasanya saluran ini tidak tumpang tindih. Sementara itu, bila kamu menggunakan pita 5 GHz kamu bisa memilih saluran 36, 40, 44 dan 48. 

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penganalisis dari Netspot untuk mengetahui saluran mana yang sebaiknya kamu pilih.

Sumber: https://www.ekrut.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com