Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Google Lens Bisa Terjemahkan Teks dari Screenshot

Article images
  • 04-May-2021
Blog Images

Aplikasi penerjemah Google Lens kedatangan fitur baru. Aplikasi besutan Google ini kini bisa digunakan untuk menerjemahkan teks pada foto hasil tangkapan layar (screenshot) secara otomatis.

Namun, fitur ini baru tersedia pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 atau yang lebih baru saja.

Biasanya, saat pengguna mengambil sebuah screenshot, di bagian bawah layar akan muncul panel aksi cepat untuk berbagi (share) atau menyunting gambar (edit).

Nah, kini dengan integrasi screenshot UI pada Android 11, pengguna akan diberikan opsi tambahan, yakni "translate". Bila mengklik opsi "translate", pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google Lens.

Dengan begitu, ketika pengguna mengunjungi situs berbahasa asing dan mengambil tangkapan layarnya, pengguna bisa langsung menerjemahkan hasil screenshot dengan mengklik opsi "translate" pada panel aksi cepat.

Perlu dicatat bahwa, opsi "translate" tidak akan muncul apabila hasil tangkapan layar tidak memuat teks.

Saat dialihkan ke aplikasi Google Lens, teks yang ada di screenshot akan secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Pilihan bahasa bisa diganti melalui menu bahasa yang terletak di sisi atas layar. Google Lens secara default hanya menyediakan terjemahan otomatis dalam beberapa opsi bahasa saja, misalnya bahasa Inggris, Hawai, Ibrani, dan sebagainya.

Namun pengguna tak perlu khawatir. Untuk bisa menerjemahkan ke bahasa lain, termasuk ke bahasa Indonesia, pengguna tinggal mengunduh terlebih dahulu paket bahasa yang telah disediakan oleh Google.

Desain ikon berbagi baru

Saat di aplikasi Google Lens, seperti biasanya, pengguna bisa menyalin seluruh teks hasil terjemahan dengan mengklik opsi "copy all".

Atau, pengguna juga dimungkinkan untuk membuka hasil terjemahan langsung di aplikasi Google Translate.

Tak lupa, pengguna juga bisa membagikan screenshot yang sudah diterjemahkan ini ke berbagai aplikasi lain, misalnya Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Nah, pada opsi share ini, Google turut menyematkan perubahan kecil pada desain ikon share.

Kini, ikon tersebut memiliki animasi bergerak dari logo media sosial yang terpasang di perangkat pengguna.

Pembaruan fitur translate teks di foto screenshot secara otomatis dan perubahan desain ikon ini dilaporkan dirilis oleh Google baru-baru ini.

Kemungkinan melalui pembaruan Device Personalization Services yang digulirkan pekan ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5google, Minggu (2/5/2021).

Sumber: https://www.kompas.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com