Contact Information <p>Suryalaya Baru no 13 <br> Kota Bandung, Jawa Barat</p>
We're Available 24/ 7. Call Now.

022-7510194

info@wiradipa.com

Find us here

Google Beri Nama Tiramisu untuk Android 13

Article images
  • 17-Feb-2022
Blog Images

Google dilaporkan kembali menggunakan nama makanan penutup (dessert) untuk menyebut versi Android 13, yaitu Tiramisu.

Penamaan ini diketahui oleh 9to5Google, melalui preview yang diberikan pertama kali ke para pengembang atau developer. Nama ini diketahui dari menu pengaturan atau setting.

Dikutip dari The Verge, Selasa (15/2/2022), tradisi menggunakan nama makanan penutup untuk Android secara publik sempat ditinggalkan sejak tahun 2019, saat Android 10 meluncur.

Sejak saat itu, versi lanjutan dari sistem operasi ini ke publik hanya merujuk pada urutan numeriknya.

Meski begitu, penamaan tersebut sebenarnya masih dilakukan untuk pihak internal Google. Android 10 misalnya, diberi nama Quince Tart. Sementara Red Velvet Cake menjadi nama untuk Android 11 dan Snow Cone untuk Android 12.

Kehadiran Android 13

Sebelumnya, Google baru saja mengumumkan kehadiran Android 13 tahap awal. Pada tahal awal ini, raksasa internet tersebut baru menghadirkan Android versi terbaru ini sebagai developer review.

Dengan kata lain, versi ini hanya ditujukan sebagai gambaran awal untuk para pengembang mengenai Android 13. Meski masih tahap awal, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (14/2/2022), Google sudah mengungkap timeline Android 13.

Dari timeline yang diungkap, versi beta build pertama untuk publik akan tersedia pada April dan Mei, lalu versi release candidates akan digulirkan pada Juni dan Juli. Setelahnya, versi akhir akan tersedia untuk pengguna.

Pada Android 13, Google disebut akun berfokus pada fungsi privasi dan keamanan.

Salah satunya adalah fitur Photo Picker yang memungkinkan pengguna berbagi file tanpa perlu sebuah aplikasi melihat seluruh media yang ada di perangkat tersebut.

Fitur di Android 13

Sementara dari sisi tampilan, sistem pengaturan warna berdasarkan wallpaper yang ada di Material You kini diperluas. Apabila sebelumnya hanya terbatas untuk aplikasi Google, kini mendukung semua ikon aplikasi.

Namun untuk memungkinkan hal tersebut, developer perlu melakukan penyesuaian terlebih dulu dengan aplikasi besutannya.

Awalnya, ikon khusus ini akan tersedia untuk perangkat Pixel, tapi Google mengatakan akan bekerja sama dengan rekanan manufaktur untuk menghadirkannya ke lebih banyak perangkat.

Sebagai tambahan, ada pula dukungan preferensi bahasa per aplikasi di Android 13 yang disebut dapat mempermudah yang mengggunakan banyak bahasa. Android terbaru versi developer ini akan tersedia pada Februari dan Maret 2022.

Sumber: https://www.liputan6.com/

Blog Author
Theresa Underwood

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Comments:

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Blog Comment
Sophie Asveld

February 14, 2019

Email is a crucial channel in any marketing mix, and never has this been truer than for today’s entrepreneur. Curious what to say.

Leave a comment:

Recent post

Tags

Let's work together

Need a successful project?

Estimate Project
Or call us now info@wiradipa.com